Terbiasa Terlambat Shalat, Terlambat dalam Semua Kebaikan



WartaIslami ~ Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Di akhriat kelak, shalat menjadi barometer amal seorang muslim. Jika nilai shalatnya baik, baik pula semua amalnya. Sebaliknya, jika nilai shalatnya buruk maka buruk seluruh amalnya.

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, berkata: aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,

إِنَّ أَوَّلَ مَا يُحَاسَبُ بِهِ الْعَبْدُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ مِنْ عَمَلِهِ صَلَاتُهُ فَإِنْ صَلُحَتْ فَقَدْ أَفْلَحَ وَأَنْجَحَ وَإِنْ فَسَدَتْ فَقَدْ خَابَ وَخَسِرَ

“Sesungguhnya amal yang pertama kali dihisab dari seorang hamba adalah shalatnya. Apabila shaatnya bagus maka ia telah beruntung dan sukses. Bila shalatnya rusak maka ia telah rugi dan menyesal.” (HR. Abu Dawud, Al-Tirmidzi, dan Al-Nasai.HaditsinidishahihkanSyaikh Al-Albani)

Ternyata, pengaruh shalat terhadap kondisi pelakunya juga berlaku di dunia. Shalat  yang baik akan memperbaiki amal-amalnya. Sebaliknya, pelaksanaan shalat yang buruk juga mempengaruhi amal-amalnya.

Suatu hari, saat akan shalat, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam melihat beberapa orang dari sahabatnya memilih tempat bagian belakang. Yakni lebih memilih shaf belakang dan tidak maju ke barisan pertama. Kemudian beliau menyuruh mereka agar maju dan bermakmum dekat kepada beliau, “dan orang sesudah kalian bermakmum kepada kalian,”lanjutnya.

Yakni orang-orang yang terlambat dan berada jauh dari shaff pertama mengikuti para sahabat yang berada di belakang beliau Shallallahu ‘Alaihi Wasallam.

Kemudian beliau melanjutkan,

لا يَزَالُ قَوْمٌ يَتَأَخَّرُونَ حَتَّى يُؤَخِّرَهُمْ اللَّهُ

“Suatu kaum masih saja bersikap lambat (dalam ketaatan kepada Allah -pent) sehingga Allah akan memperlambat mereka (dari rahmat-Nya).” (HR. Muslim dari Abu Sa’id al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu)

Maksudnya: suatu kaum yang membiasakan diri senantiasa terlambat dari shaff pertama atau dari barisan-barisan awal maka Allah akan menghukum mereka dengan menjadikan mereka terlambat dari proyek-proyek kebaikan.

Sebagian ulama lain menpendapat, dijadikan terlambat dari rahmat Allah, dari surga-Nya, keutamaan besar dari-Nya, dari kedudukan yang tinggi, atau terlambat dari mendapatkan ilmu. Dan semua makna ini bisa diterapkan kepada hadits tersebut.

Syaikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah menjelaskan makna hadits ini sebagai berikut, “Bahwasanya Nabi Shallallahu ‘Alaihi Wasallam pernah melihat satu kaum mengambil tempat belakang di masjid. Yakni: tidak mau maju ke barisan-barisan depan. Kemudian beliau bersabda,

لا يَزَالُ قَوْمٌ يَتَأَخَّرُونَ حَتَّى يُؤَخِّرَهُمْ اللَّهُ

“Suatu kaum masih saja bersikap lambat (dalam ketaatan kepada Allah -pent) sehingga Allah akan memperlambat mereka (dari rahmat-Nya).”

Tidak diragukan lagi juga, bahwa menerlambatkan diri dari shalat itu lebih (buruk,-pent) daripada menerlambatkan diri dari barisan pertama. Dari sini, dikhawatirkan, apabila seseorang membiasakan dirinya terlambat dalam ibadah maka Allah ‘Azza wa Jalla akan menghukumnya dengan mengakhirkannya (menjadikan ia terlambat) dalam semua proyek kebaikan. (Fatawa Syaikh Ibnu Utsaimin: 13/54)

Sebagian ulama memahami bahwa yang dimaksud oleh hadits ini adalah jamaah munafikin. Namun yang benar, seperti dituturkan Imam al-Syaukani Rahimahullah di Naulul Authar, “Dan yang nampak bahwa hadits ini berlaku umum bagi kaum munafikin dan selainnya. Hadits ini mendorong untuk berada di shaff awal dan peringatkan dari menjauhinya.”

Ringkasnya, hadits ini menganjurkan seseorang untuk shalat di shaff (barisan) pertama atau di barisan-barisan awal dan mencela orang yang membiasakan diri shalat di barisan-barisan belakang. Akibat sengaja menjauhi shaff awal, Allah akan jadikan dirinya terlambat atau dibagian belakang dari semua kebaikan.


Semoga Allah memberikan taufik kepada kita untuk bersegera kepada kebaikan dan berlomba-lomba di dalamnya. Wallahu A’lam.


Resource Berita : voa-islam.com
6 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

6 Responses to "Terbiasa Terlambat Shalat, Terlambat dalam Semua Kebaikan"

  1. Bolavita
    Dapatkan Keuntungan Daftar Sabung Ayam Online pada Agen Terpercaya
    Bolavita. org selalu memberikan banyak keuntungan
    daftar sekarang juga dan ambil Bonus nya!
    Ingat Sabung Ayam Ingat BOLAVITA
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    Line : cs_bolavita
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete
  2. PENGUMUMAN !!!
    Untuk Merayakan Natal 2017 dan Menyambut Pergantian Tahun 2018
    www(titik)pokerayam(titik)org ingin memberikan info
    Deposit 50 ribu FREE 50 ribu loh !!!
    Berlaku pada 1 Des 2017 - 1 Januari 2018
    Hanya 100 User ID Beruntung jangan ketinggalan
    Masih banyak promo lainnya juga loh

    info keberuntungan lebih lanjut
    BBM : D8C0B757
    Line : pokerayam
    Whatsapp : +85587646043

    ReplyDelete
  3. PROMO FREEBET 100.000 NATAL & TAHUN BARU AGENS128 SABUNG AYAM
    Agens128 turut memeriahkan hari natal dan tahun baru dengan membagikan kado natal spesial freebet 100.000 kepada seluruh member yang baru bergabung dan member lama yang setia bermain disitus kami. Rayakan hari natal dan tahun baru dengan semangat baru dan wujudkan impianmu bersama kami.

    http://www.s128agen.net & http://www.s128agen.com

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 0878-6720-2559

    ReplyDelete
  4. Selamat Malam :) Mau mendapatkan bonus deposit 50 ribu?
    segera deposit di POKERVITA dan dapatkan bonus menariknya!!
    hanya dengan deposit 100 ribu anda akan mendapatkan bonus deposit 50 ribu
    promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017
    tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda dan dapatkan bonus nya!!

    Contact kami:
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  5. EXTRA BONUS BET NATAL DAN TAHUN BARU 2018

    Dalam rangka memeriahkan hari Natal dan Tahun Baru 2018 ID303 memberikan hadiah extra bonus bet sebagai tambahan bonus untuk seluruh member setia ID303 yang berlaku untuk semua permainan kecuali Bola Tangkas dan Togel Online.

    Dapatkan hadiah Extra Bonus Bet khusus 100 userid untuk deposit pertama setiap hari dengan syarat Withdraw yang sangat mudah, hanya dengan melakukan Turn Over 1x saja.

    DAFTAR DISINI GRATIS!!!

    Syarat & Ketentuan Berlaku
    Hubungi kami di:
    BBM : 7B3130BF
    whatsapp : +6281326993756
    line : cs.id303

    ReplyDelete
  6. Selamat Siang :) Mau mendapatkan bonus deposit 50 ribu?
    segera deposit di POKERVITA dan dapatkan bonus menariknya!!
    hanya dengan deposit 100 ribu anda akan mendapatkan bonus deposit 50 ribu
    promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017
    BBM : D88B0154

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini