Tolak Emas dari Jibril, Alasan Rasulullah Ini Sangat Mengagumkan



WartaIslami ~ Sekelompok orang kafir dari suku Quraisy mendatangi Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Dalam riwayat dari sahabat mulia Abdullah bin Abbas Radhiyallahu ‘anhuma yang diriwayatkan secara shahih oleh Imam Ath-Thabrani Rahimahullahu Ta’ala ini, kafir Quraisy datang untuk menantang Nabi yang mulia.

“Mintalah kepada Tuhanmu, hai Muhammad, agar bukit Shafa ini dijadikan emas bagi kami. Jika hal itu berhasil kau lakukan, kami akan beriman kepadamu.” tantang Kafir Quraisy, pongah.

Lantaran harapan yang besar agar orang-orang Quraisy beriman, Nabi benar-benar menyampaikan doa seperti permintaan mereka. Tak butuh waktu yang lama, Malaikat Jibril ‘Alaihis salam segera hadir untuk menyampaikan salam dari Allah Ta’ala dan janji keterkabulan dari-Nya.

“Jika engkau mau,” kata Jibril menyampaikan kalimat dari Tuhan Semesta Alam, “maka Aku jadikan emas sebesar bukit Shafa itu bagi mereka. Namun, jika ada di antara mereka yang (tetap) kafir (setelah tercipta emas sebesar Shafa), Aku akan mengazab mereka dengan azab yang tidak pernah Aku timpakan kepada umat-umat terdahulu.”

Alangkah menggiurkannya tawaran Allah Ta’ala yang disampaikan melalui Malaikat Jibril ‘Alaihis salam ini. Bukankah selama ini kafir Qurisy terbukti bertindak jahat kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dan para sahabatnya?

Bukankah tawaran ini merupakan wahana untuk ‘membalas dendam’?

Tetapi, Nabi bukan manusia biasa. Beliau justru khawatir mendengar tawaran menggirukan tersebut. Hingga, Allah Ta’ala menyampaikan tawaran kedua, dan inilah yang dipilih oleh Rasulullah yang mulia akhlaknya.

“Dan jika engkau mau, Aku akan bukakan pintu taubat dan rahmat untuk mereka.” pungkas Jibril menyampaikan tawaran dari Allah Ta’ala kepada Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Inilah bukti kemuliaan akhlak Rasulullah. Beliau tak berpikir lama. Beliau langsung menerima tawaran kedua dengan keyakinan dan rasa kasih sayang yang mendalam kepada umat-umatnya, meski mereka mendurhakai dan mendustakan ajarannya.

“Aku memilih pintu taubat dan rahmat saja,” tegas Nabi, teduh.

Beginilah makna da’wah yang sebenar-benarnya. Para da’i adalah motor kebaikan yang senantiasa menebarkan inspirasi. Da’i tak sibuk menyalahkan dan memvonis umat. Da’i enggan menghabiskan waktunya untuk melaknat. Da’i adalah mereka yang menundukkan hati dan menengadahkan tangan, meminta hidayah kepada Allah Ta’ala untuk diberikan kepada sebanyak mungkin manusia di muka bumi ini.


Resource Berita : kisahikmah.com
3 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

3 Responses to "Tolak Emas dari Jibril, Alasan Rasulullah Ini Sangat Mengagumkan"

  1. Selamat Siang :) Mau mendapatkan bonus deposit 50 ribu?
    segera deposit di POKERVITA dan dapatkan bonus menariknya!!
    hanya dengan deposit 100 ribu anda akan mendapatkan bonus deposit 50 ribu
    promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017
    tunggu apa lagi segera daftarkan diri anda dan dapatkan bonus nya!!

    Contact kami:
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  2. Awas Ketipu! Awas Penipuan!
    hanya BOLAVITA. ORG yang bisa memberikan Trik dan Tips
    Cara Mengenal Agen Adu Ayam Online Terpercaya Saat Ini
    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)
    salam BOLAVITA agen Terbaik dan Terpercaya

    ReplyDelete
  3. EXTRA BONUS BET NATAL DAN TAHUN BARU 2017

    Dalam rangka memeriahkan hari Natal dan Tahun Baru 2017 ID303 memberikan hadiah extra bonus bet sebagai tambahan bonus untuk seluruh member setia ID303 yang berlaku untuk semua permainan kecuali Bola Tangkas dan Togel Online.

    Dapatkan hadiah Extra Bonus Bet khusus 100 userid untuk deposit pertama setiap hari dengan syarat Withdraw yang sangat mudah, hanya dengan melakukan Turn Over 1x saja.

    DAFTAR DISINI GRATIS!!!

    Syarat & Ketentuan Berlaku
    Hubungi kami di:
    BBM : 7B3130BF
    whatsapp : +6281326993756
    line : cs.id303

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini