Kisah Ali bin Abi Thalib Akan Memotong Tangan Putrinya



WartaIslami ~ Ali bin Abi Thalib radhiyallahu ‘anhu merasa ada yang aneh dengan penampilan putrinya. Ada sesuatu yang gemerlap, atau memantulkan cahaya. Ternyata putrinya memakai perhiasan dari batu permata.

Alangkah terkejutnya Ali bin Abi Thalib. Ia tak habis pikir. Bagaimana mungkin dirinya dan keluarganya yang berkomitmen untuk zuhud dan menjaga diri mengikuti sunnah Nabi, putrinya memakai batu permata. Dari mana?

Karena tidak mendapatkan penjelasan, Ali bin Abi Thalib berniat memotong tangan putrinya. Ia tampak sungguh-sungguh akan melakukannya. Untunglah di sana ada Ibnu Abi Rafi’ yang tahu persis bagaimana putri Ali bin Abi Thalib bisa mengenakan perhiasan batu permata.

“Demi Allah, wahai Amirul mukminin, akulah yang memberinya hiasan batu permata itu,” kata Ibnu Rafi’.

Setelah mengetahui asal muasal perhiasan itu, tenanglah Ali bin Abi Thalib.

Demikianlah gambaran kehidupan para sahabat dan pemimpin Islam yang lurus. Mereka sangat giat meneladani Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam. Rasulullah zuhud, mereka pun berupaya untuk zuhud. Rasulullah adil, mereka pun berupaya untuk menegakkan keadilan.

Sifat zuhud membuat Ali bin Abi Thalib, meskipun menjadi pemimpin negara, ia tetap hidup sederhana. Betapa banyak riwayat yang menggambarkan hari-harinya yang sering menahan lapar. Pakaiannya lebih kusut dan kusam dibandingkan dengan rata-rata orang.

Sifat zuhud pula yang membuat Abu Bakar dan Umar, dua pemimpin yang sejatinya kaya raya, tetapi rela berpayah-payah menahan lapar. Pun dengan Utsman. Ia berlaku zuhud di tengah bergelimangnya harta bendanya hasil sukses berniaga.

Sifat zuhud inilah yang membuat Ali bin Abi Thalib takut jika ada sebuah benda, apalagi batu permata, tiba-tiba dimiliki oleh anggota keluarganya tanpa alasan yang jelas. Betapa jauh berbeda dibandingkan dengan penguasa dan pejabat di masa kini yang seringkali hartanya bertambah berlipat-lipat saat menjabat. Yang seringkali tiba-tiba ada pertambahan kekayaan signifikan tanpa mampu mendatangkan penjelasan; dari mana asalnya, atas sebab apa, dan sebagainya.

Sifat adil dan komitmen menegakkan keadilan juga menjadi perangai para sahabat dan khulafaur rasyidin. Mereka memberlakukan hukum secara adil kepada siapapun tanpa melihat status, tanpa memandang bulu, tanpa membedakan strata sosial. Sebagaimana Rasulullah mencontohkan dengan sabdanya “kalau saja Fatimah mencuri, aku sendiri yang akan memotong tangannya”, demikian pula para pemimpin ini. Ali bin Abi Thalib hampir saja memotong tangan putrinya, seandainya saja ia tidak mendapatkan penjelasan dari mana batu permata itu berasal. Para pemimpin ini sedang memberikan keteladanan, bahwa tidak ada siapapun yang kebal hukum. Hatta, mereka adalah orang dekat dan keluarga khalifah.

Betapa berbedanya dengan penguasa dan pengadilan pada hari ini. Ketika seorang rakyat jelata mencuri, ia mendapatkan hukuman yang seberat-beratnya. Tetapi ketika kerabat atau kroni penguasa melakukan korupsi, hukum bisa dipermainkan sehingga mereka lolos dari jerat sanksi.

Tidakkah kita merindukan masa-masa yang penuh keadilan? Tidakkah kita merindukan masa-masa ketika pemimpin zuhud mengayomi seluruh umat? Semoga Allah mengembalikan masa-masa indah seperti itu. Dan kita perlu memulainya dari diri kita, mulai sekarang juga.


Resource Berita : kisahikmah.com
4 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

4 Responses to "Kisah Ali bin Abi Thalib Akan Memotong Tangan Putrinya"

  1. Rayakan hari raya natal bersama kami POKERVITADapatkan bonus freechip 50kpromo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017- 1 Januari 2017BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  2. PROMO FREEBET 100.000 NATAL & TAHUN BARU AGENS128 SABUNG AYAM
    AYO JOIN KITA SEGERA KARENA KITA SEKARANG SEDANG BAGI BAGI BONUS NATAL & TAHUN BARU LOH , JANGAN LUPA HANYA 100 ORANG PERTAMA
    AYO BURUAN JANGAN KETINGGALAN :*

    http://www.s128agen.net & http://www.s128agen.com

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 0878-6720-2559
    http://agens128.org/promo-freebet-100-00...bung-ayam/

    ANA POKER
    LINK REGIS REFERRAL : http://www.anapoker.com/ref.php?ref=ANAPOKER1

    ReplyDelete
  3. Bonus PROMO Natal 2017 Dan Tahun Baru 2018 ,freebet untuk member setia kami :)
    Deposit 100 ribu dapat 50 ribu hanya ada di POKERVITA.COM
    dan bisa di klaim setiap harinya sebanyak 1 kali deposit
    promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami :)

    Contact kami:
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  4. Dapatkan FREECHIP sebesar Rp. 50.000 Hanya 100 Orang Pertama!
    Segera Daftar dan Hubungi kami Di :
    855sm. com / bolavita. org / Bolavita. Net
    Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 5% Cuma ada di Bola vita
    Pelayanan Terbaik, Costumer Servis Yang Ramah Dan Profesional
    Menang Berapapun Langsung Bayar!
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini