Kisah Kepala Negara yang Memerahkan Susu Kambing untuk Rakyatnya



WartaIslami ~ Keteladanan terbaik dalam sejarah telah ditorehkan oleh generasi Rasulullah Saw dan sahabat-sahabat serta pengikutnya. Mereka telah menyajikan contoh terbaik dalam semua bidang kehidupan dan terukir manis dengan tinta emas di sepanjang masa. Semakin dibahas, keteladanan itu akan semakin harum, memesona dan senantiasa inspiratif.

Kadang, kita harus malu karenanya. Sebab, dengan kualitas yang beda jauh, kita seringkali merasa lebih baik dan telah melakukan banyak hal. Padahal, antara generasi kita dengan mereka, persis seperti perbandingan jarak antara bumi ke tujuh dengan langit tertinggi. Bahkan mungkin lebih dari itu.

Sosok yang satu ini adalah teladan dalam banyak hal. Di kalangan sahabat-sahabatnya, beliau selalu menjadi yang terdepan. Dalam ibadah, infak, jihad dan amal sosial kepada masyarakat di sekitarnya. Pernah suatu hari, tepat sesaat selepas shalat Subuh, ketika Rasulullah bertanya kepada sahabat-sahabatnya, sosok ini telah menjenguk sahabat yang sakit, berinfak kepada seorang pengemis dan berpuasa, padahal sahabat yang lain belum ada yang sempat melakukan ketiga hal itu karena memang masih pagi buta.

Pada kesempatan lain, saat rombongan berangkat ke medan jihad, ketika Umar bin Khaththab memberikan separuh kekayaannya untuk infak, sahabat ini justru memberikan seluruh kekayaannya untuk jihad di jalan Allah Ta’ala.

Ketika Nabi Saw bertanya, “Apa yang kau sisakan untuk keluargamu?” Dengan menunduk tawadhu’, ia berujar, “Allah Ta’ala dan Rasul-Nya.”

Kemudian pada episode lain, sebagaimana dikisahkan oleh anaknya-‘Aisyah Ra-yang sekaligus istri Rasulullah Saw, “Beliau tinggal bersamaku selama tiga tahun.” Dua tahun sebelum menjadi Khalifah kaum muslimin dan setahun setelah menjadi Khalifah.

Sebelum menjadi Khalifah, beliau terbiasa memerahkan susu kambing untuk para perempuan hamba sahaya. Baik kambing yang diantarkan ke rumahnya atau beliau yang mendatangi rumah-rumah hamba sahaya itu untuk menawarkan bantuan.

Setelah beliau diangkat menjadi Amirul Mukminin, kemudian kesibukan mengurus umat menyita seluruh waktu dan potensinya, sebagaimana disebutkan oleh Abdullah bin Umar, hamba sahaya yang sering mendapat bantuan diperahkan susu kambingnya berkata, “Dia tidak mungkin melakukannya lagi.”

Ternyata, keluhan itu sampai ke telinga beliau. Alhasil, beliau berkata, “Tidak. Aku akan tetap melakukannya. Aku berharap keadaanku sekarang tidak mengubah akhlak dan kebiasaanku.”

Benarlah. Beliau datang ke rumah-rumah hamba sahaya itu. Seorang diri. Padahal seorang Kepala Negara, Khalifah, Amirul Mukminin. Di rumah para hamba sahaya itu, beliau memerahkan susu kambing, bahkan bertanya kepada tuan rumah, “Maunya bagaimana?” Dan beliau menuruti keinginan yang mereka sampaikan.

Semoga Allah Ta’ala mengampuni dosa-dosamu dan menerima semua amal baikmu, wahai Amirul Mukminin Abu Bakar ash-Shiddiq.


Resource Berita : kisahikmah.com
5 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

5 Responses to "Kisah Kepala Negara yang Memerahkan Susu Kambing untuk Rakyatnya"

  1. Rayakan hari raya natal bersama kami POKERVITADapatkan bonus freechip 50kpromo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017- 1 Januari 2017BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  2. PROMO FREEBET 100.000 NATAL & TAHUN BARU AGENS128 SABUNG AYAM
    AYO JOIN KITA SEGERA KARENA KITA SEKARANG SEDANG BAGI BAGI BONUS NATAL & TAHUN BARU LOH , JANGAN LUPA HANYA 100 ORANG PERTAMA
    AYO BURUAN JANGAN KETINGGALAN :*

    http://www.s128agen.net & http://www.s128agen.com

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 0878-6720-2559
    http://agens128.org/promo-freebet-100-00...bung-ayam/

    ANA POKER
    LINK REGIS REFERRAL : http://www.anapoker.com/ref.php?ref=ANAPOKER1

    ReplyDelete
  3. Bonus PROMO Natal 2017 Dan Tahun Baru 2018 ,freebet untuk member setia kami :)
    Deposit 100 ribu dapat 50 ribu hanya ada di POKERVITA.COM
    dan bisa di klaim setiap harinya sebanyak 1 kali deposit
    promo ini berlaku mulai tanggal 1 Desember 2017 - 1 Januari 2017
    tunggu apa lagi segera bergabung bersama kami :)

    Contact kami:
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154

    ReplyDelete
  4. Dapatkan FREECHIP sebesar Rp. 50.000 Hanya 100 Orang Pertama!
    Segera Daftar dan Hubungi kami Di :
    855sm. com / bolavita. org / Bolavita. Net
    Bonus Cahsback 10% dan Bonus Harian 5% Cuma ada di Bola vita
    Pelayanan Terbaik, Costumer Servis Yang Ramah Dan Profesional
    Menang Berapapun Langsung Bayar!
    wechat : bolavita
    whats up : 6281377055002
    BBM: D8C363CA (NEW)

    ReplyDelete
  5. Bergabung pada agen perjudian sabung ayam terpercaya, Melakukan sebuah pendaftaran, Memahami aturan permainan sabung ayam online, Memiliki sejumlah modal taruhan yang cukup
    Untuk mengetahui info lebih lanjut anda bisa datang / hubungi Customer kami untuk bertanya persyaratan nya dan kami siap melayani anda sangat cepat.
    https://goo.gl/LYnd8w
    HP: +6281377055002
    BBM: D1A1E6DF
    YM: BOL-A-V-ITA (GARIS NYA DI HAPUS)
    WECHAT ID: BOL-A-V-ITA (GARIS NYA DI HAPUS)
    Terima Kasih Atas Kunjunganya...

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini