Ringankan Musibahmu dengan Melihat Musibah Orang Lain



WartaIslami ~ Al-Hamdulillah, segala puji milik Allah, Rabb semesta alam. Shalawat dan salam atas Rasulillah –Shallallahu 'Alaihi Wasallam-, keluarga dan para sahabatnya.

Salah satu sebab untuk meringankan musibah yang menimpa kita, kita lihat musibah orang lain yang lebih berat. Demikianlah petunjuk Al-Qur'an. Saat Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam disudutkan orang Yahudi melalui permintaa konyol mereka,

يَسْأَلُكَ أَهْلُ الْكِتَابِ أَنْ تُنَزِّلَ عَلَيْهِمْ كِتَابًا مِنَ السَّمَاءِ

“Ahli Kitab meminta kepadamu agar kamu menurunkan kepada mereka sebuah Kitab dari langit.” (QS. Al-Nisa’: 153) Kemudian Allah hibur utusan-Nya dengan musibah yang pernah menimpa Nabi Musa ‘Alaihis Salam yang mendapat serangan permintaan yang lebih edan. Orang-orang Yahudi tidak mau beriman sehingga mereka melihat Allah secara langsung,

فَقَالُوا أَرِنَا اللَّهَ جَهْرَةً

“Mereka berkata: "Perlihatkanlah Allah kepada kami dengan nyata".” (QS. Al-Nisa’: 153)

Dalam ayat ini, Allah ingin menghibur Rasul-Nya agar tidak terlalu bersedih dengan permintaan mereka. Karena Rasul sebelum beliau, Nabi Musa pernah mendapat permintaan yang lebih berat.

Pelajaran dari ayat ini dalam menghadapi cobaan hidup; saat salah seorang kita mendapat musibah dan ujian hendaknya melihat kepada musibah dan cobaan orang lain yang lebih berat.

Diriwayatkan dalam hadits hadits shahih dari Khabbab bin al-Arat yang menceritakan tentang permintaan para sahabat kepada Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam untuk berdoa dan memintakan pertolongan bagi mereka. Kemudian Nabi Shallallahu 'Alaihi Wasallam menjawab, “Sesungguhnya orang-orang sebelum kalian, salah seorang mereka disiksa dengan digergaji dari atas kepalanya sampai ke telapak kakinya, tapi hal itu tidak memalingkan mereka dari agamanya. Ada pula yang disiksa dengan sisir besi untuk memisahkan daging dari tulang mereka, tetapi hal tersebut tidak menggoyahkan imannya dari agamanya.”

Maka siapa di antara kita mengalami ujian dalam bisnisnya sehingga bangkrut, hartanya habis, tak tersisa kecuali rumah yang tinggalinya, hendaknya ia melihat orang lain di sekitarnya yang mendapat musibah lebih buruk darinya sampai menjadi gelandangan.


Resource Berita : voa-islam.com
2 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

2 Responses to "Ringankan Musibahmu dengan Melihat Musibah Orang Lain"

  1. PROMO FREEBET 100.000 NATAL & TAHUN BARU AGENS128 SABUNG AYAM
    AYO JOIN KITA SEGERA KARENA KITA SEKARANG SEDANG BAGI BAGI BONUS NATAL & TAHUN BARU LOH , JANGAN LUPA HANYA 100 ORANG PERTAMA
    AYO BURUAN JANGAN KETINGGALAN :*

    www s128agen net & www s128agen com

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 0878-6720-2559

    ReplyDelete
  2. Ayo Tingkatkan Kemampuan Bermain Kartu anda!!!
    JACKPOT dari FIFAPOKER puluhan JUTA menanti Anda
    Minimum Deposit Rp.10.000
    Minimum Withdraw Rp.25.000
    BBM : 7B3130BF

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini