Wewangian Terbaik yang Berasal dari Keringat Manusia



WartaIslami ~ Di antara sunnah Nabi yang amat mulia adalah menggunakan wewangian. Baik saat berkumpul dengan keluarga, bertemu teman atau tamu, menghadiri shalat berjamaah di masjid, atau dalam keadaan-keadaan lain sebagaimana dicontohkan oleh Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam.

Karenanya, keberadaan minyak wangi atau pengharum badan amatlah penting bagi kaum Muslimin. Tentunya, tidak sembarangan menggunakan karena harus memperhatikan halal-haram dan teknis menggunakannya. Misalnya terkait kadar; harus seimbang, tidak boleh berlebih-lebihan. Apalagi bagi kaum Muslimah, batasannya lebih ketat.

Terkait bahan, rupanya dalam sirah Nabawi kita dapati ada wewangian terbaik. Dan, lebih menakjubkannya lagi, bahan dari wewangian terbaik itu berasal dari keringat. Penasaran? Berikut riwayat yang menjelaskan hal itu.

Malam itu, Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bermalam di rumah Anas bin Malik. Ialah maula yang dihadiahkan oleh ibunya, Ummu Sulaim, yang menikah dengan Abu Thalhah bermahar keislaman sang suami. Rupanya, di bekas tempat tidurnya, Ummu Sulaim menemukan bekas keringat Nabi.

Menemukan keringat tersebut, Ummu Sulaim pun mengambil botol untuk mengumpulkan keringat tersebut. Katanya sebagaimana diriwayatkan oleh Imam Muslim, “Ini adalah keringat engkau, wahai Rasulullah.” Terangnya sebelum ditanya oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam, “Kami mengumpulkannya dan menjadikannya sebagai minyak wangi. Inilah wewangian terbaik.”

Dalam riwayat lain oleh Imam al-Bukhari juga disebutkan, “Apabila Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam melewati sebuah jalan, kemudian ada sahabat yang mengikutinya, pastilah dia melewati (mengenali) jalan itu karena mengikuti wanginya.”

Apa yang kita temukan dari pribadi istimewa Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ini, selain karena keistimewaan beliau, juga lantaran begitu disiplinnya beliau dalam merawat badan. Beliau adalah teladan terbaik tentang merawat kebersihan, kerapian, dan semua hal terkait penampilan fisik lainnya.

Maka dalam banyak riwayat beliau memberitahukan tentang berbagai jenis amalan yang termasuk di dalamnya. Seperti bersiwak, berwudhu, mandi, bersuci, menyisir rambut, merapikan rambut dengan air saat akan menemui tamu, berpakaian rapi, penampilan sederhana nan memesona, dan amalan-amalan lain yang tergolong dalam tahadduts bin-ni’mah.

Karenanya, seharusnya hal ini menjadi perhatian kaum Muslimin. Agar tidak terhakimi sebagai sosok dekil, generasi bau, atau julukan-julukan buruk lain dengan dalih zuhud. Sebab, Nabi yang rapi dan menawan itu adalah sosok yang paling zuhud di muka bumi ini.


Resource Berita : kisahikmah.com
4 Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

4 Responses to "Wewangian Terbaik yang Berasal dari Keringat Manusia"

  1. Numpang Promo ya Bos
    Welcome
    POKERVITA

    DAFTAR POKER
    POKER TERPERCAYA
    POKER TERBAIK
    POKER TERNYAMAN
    POKER TERBAIK
    TRAILER FILM
    Contact Us Person :
    LIVECHAT P`0`K`E`R`V`1`T`A .com
    BBM : D88B0154
    Salam Sejahtera untuk kita semua ^^

    ReplyDelete
  2. AYO GUYS KITA LAGI ADA BAGI BAGI HADIAH BUAT PARA MEMBER YANG BERUNTUNG DI NATAL DAN TAHUN BARU 2018 INI LOH
    BURUAN JOIN KE www s128agen org / com

    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 0878-6720-2559

    Follow Juga Akun Official Kami yaa :
    Twitter : @agens1288

    ReplyDelete
  3. PENGUMUMAN !!!
    Untuk Merayakan Natal 2017 dan Menyambut Pergantian Tahun 2018
    www(titik)pokerayam(titik)org ingin memberikan info
    Deposit 50 ribu FREE 50 ribu loh !!!
    Berlaku pada 1 Des 2017 - 1 Januari 2018
    Hanya 100 User ID Beruntung jangan ketinggalan
    Masih banyak promo lainnya juga loh

    info keberuntungan lebih lanjut
    BBM : D8C0B757
    Line : pokerayam
    Whatsapp : +85587646043

    ReplyDelete
  4. Bergabung pada agen perjudian sabung ayam terpercaya, Melakukan sebuah pendaftaran, Memahami aturan permainan sabung ayam online, Memiliki sejumlah modal taruhan yang cukup
    Untuk mengetahui info lebih lanjut anda bisa datang / hubungi Customer kami untuk bertanya persyaratan nya dan kami siap melayani anda sangat cepat.
    https://goo.gl/LYnd8w
    HP: +6281377055002
    BBM: D1A1E6DF
    YM: BOL-A-V-ITA (GARIS NYA DI HAPUS)
    WECHAT ID: BOL-A-V-ITA (GARIS NYA DI HAPUS)
    Terima Kasih Atas Kunjunganya...

    ReplyDelete

close
Banner iklan disini